5 Tips Gagal Menuju PTN


Banyak dari kita yang ingin melanjutkan pendidikan dari tingkat menengah menjadi tingkat tinggi seperti Universitas, Sekolah Tinggi atau Institut. Apakah itu impian anda dari sekalian? Pastinya iya dong :D


Di tahun 2012 ini hampir jutaan lulusan SMA bahkan mungkin bisa sampai menjadi puluhan juta lulusan SMA yang telah menyelesaikan pendidikan menengahnya. Nah dari pernyataan tersebut bisa di ketahui banyak sekali dari kita yang ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi karena zaman sekarang ijazah SMA apa gunanya? Paling jadi Office Boy ato Cleaning Service, kita pasti tidak maukan seperti itu? Oleh karena itu kita harus menuntut ilmu sampai tua nanti. Ingat kata kata inikan? “ Tuntutlah Ilmu sampai Negeri Cina” itulah hal yang harus kita pegang sampai tua nanti. Oke itu sebagian dari saya agar para pembaca menjadi lebih terbuka pentingnya akan pendidikan yang lebih tinggi.

Sebenarnya kalimat di atas hanya sebagai penyegar buat kita semua hehehe... Di sini saya ingin menyampaikan bahwa hampir semua dari kita ingin menempuh pendidikan tinggi ke Universitas Negeri yang tersohor di Indonesia, itu benar dan banyak dari kita bersaing untuk mendapatkannya. Bagaiaman jika kita tidak berhasil mendapatkannya? Apakah kita putus asa? Apakah dengan tidak masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) itu adalah kegagalan dalam hidup kita? Jika anda jawab itu “IYA” anda adalah orang yang PUTUS ASA. Di sini saya ingin mengubah paradigma anda semua bahwa tidak masuk PTN adalah awal dari kegagalan dari hidup kita.

Baik kita mulai bahas masalah di atas J :

1. Kesuksesan kita di mulai dari kita sendiri
Seperti yang kita tahu kalo “Kita ada usaha pasti ada jalan”. Menurut saya kesuksesan kita di mulai dari kita sendiri, coba anda atur mind set bahwa tidak masuk PTN bukanlah awal dari kegagalan malah kesuksesan yang telah di atur oleh Tuhan Yang Maha  Esa.

2. Tekuni dan jalankan dengan ikhlas jalan yang telah kita ambil
Misalkan kita tidak dapat PTN otomatis kita mengambil PTS ato Sekolah Tinggi ato Institut. Nah kita bayangkan misal PTS sebagai jalan yang kita telah ambil, syukuri dan jalankan dengan ikhlas agar kita mendapat hasil yang maksimal.

3. Selalu berpikir positif
 Pikiran kita adalah hal yang mebuat diri kita maju ato tidak, oleh karena itu kita harus selalu beripikir positi ato bahasa gaulnya Positive Thinking :D dan yang lebih penting adalah selalu tersenyum melalui hidup anda yang lebih berwarna J

4. Mencoba menjadi yang baik  apabila menjadi terbaik itu masih sulit
Memang benar kalo semua orang ingin menjadi orang baik bagi orang yang di sayangi. Oleh karena itu kita minimal harus menjadi orang yang baik malah lebih bagus jikalau kita menjadi terbaik dia antara orang orang baik lainnya.

5. Tidak semua lulusan PTS tidak mendapat kesempatan kerja yang sama di PTN
Banyak orang yang menganggap kalo PTN pasti dapet kerjanya gampang, padahal anggapan itu belum tentu benar yaaa... Kembali ke topik satu kalo kesuksesan kita tergantung dari apa yang kita hasilkan untuk hidup kita ini, so misalkan seseorang kuliah di PTN? Belum tentu dia mudah mendapatkan kerja karena hal hal tertentu misalkan: nila IPKnya kecil, tidak ada soft skill, tidak ada kesiapan dari dirinya sendiri. Bisa sajakan? Kalo lulusan PTS malah yang mudah mendapatkan pekerjaan? Kita mengikuti asas RODA aja lah, beberapa tahun lagi mungkin PTS yang berjaya di bandingkan PTN, kehidupan memang kadang di atas kadang di bawah.

Mungkin dari pernyataan saya di atas para pembaca tidak meras berkecil hati jika ada yang masuk PTS. Ingat kawan “Kegagalan adalah Kesuksesan yang Terutnda” camkan kata kata tersebut.

Sekian dari saya, mohon maaf jika ada yang tidak berkenan dari tulisan saya ini. Semua yang saya tulis semata untuk penyemangat kita semua yang gagal masuk PTN.
Thanks for your Attention J

Recent Post

Anda Pengunjung ke-

Tips&Trick Blog. Diberdayakan oleh Blogger.